thailand day 4 nyasar ke pakchong piazza palio

Hari pertama di bangkok yang niat nya mau ke pakchong nyubuh karena keenaakan tidur di hostel sampe lupa bangun dan kesiangan. padahal untuk menuju pakchong lokasi nya lumayan jauh dari pusat kota bangkok. perjalanan di mulai dari stasiun terdekat saphan taksin turun di stasiun mochit. dari stasiun mochit nyari transportasi lain menuju terminal bus mochit naik taxi karena gak ada pilihan lain takut nya jalanan macet. perkiraan menuju pakcong itu jarak nya sekitar satu sampai dua jam perjalanan.

Sampai di terminal bus mochit langsung cari tiket penjualan bus menuju pakchong. kalo udah di stasiun mochit banyak alternatif pilihan menuju pakchong bisa naik minivan atau bus. ya kita sih lebih milih bus karena harga tiket nya yang lebih murah. Bus nya juga lumayan bagus dan nyaman full AC ada colokan buat nge cas handphone juga.

Di tengah perjalanan bus sambil lihat suasana pinggir kota bangkok yang hampir sama kaya di indonesia. bus berhenti di pemberhentian pertama dan kita di perbolehkan buat sekedar beli cemilan dan pergi ke toilet karena lokasi parkchong masih jauh ternyata.

Beli dulu cemilan di tempat pemberhentian yang hampir seluruh penumpang isi nya orang thailand sempet takut dan ragu naik bus takut nyasar karena pas kita tanya tujuan kita ke pakchong menuju piazza palio kebanyakan mereka urang mengerti bahasa dan agak susah buat komuniasi.

Sampai di pakchong abang abang kondektur bilang dengan nada thailand "parkchong.... parkchong.... parkchong" haaahhh ini udah sampai? kondekturnya bilang ia ini udah sampai parkchong, loh ko kita di turunin di tengah jalan yang suasana nya mirip di pinggiran jalan tol dan disitulah mulai kebingungan. apa kita yang salah naik bus? terus cara ke pakchong nya gimana. loakasi yang mirip jalan tol yang cuman ada bus lalu lalang gak ada angkot satupun. wahhh asli ini kita nyasar

Gak putus asa dong sambil jalan kaki dan ketemu lah bapak bapak ojek dan kita tanya tujuan kita mau ke parkchong, si bapa nya cuman ngangguk ngangguk gak ngerti bahasa sampe harus transletin bahasa dulu buat komunikasi sama si bapak. si bapak mau mengantar sampai parkchong dan ngasih tarif jasa ojek yang murah 100bth untuk dua orang sementara lokasi nya lumayan jauh. sumpah ini bus ga kira kira nurunin turis yang baru pertama ke thailand dan hampir ke sasar, alamak jauh banget ternyata dari tempat pemberhentian bus tadi menuju pakchong.

Sampai di pakchong masih bingung juga transportasi menuju piazza palio sedangkan hari udah menjelang sore, sempet hopeless tanya tanya ke orang sekitar, dan mereka ga tau lokasi tujuan ke piazza palio. beruntung tanya orang yang lumayan ngerti bahsa inggris dan dia ngasih tau transportasi menuju piazza palio

Semacam naik songthew tapi dengan muatan penumpang yang lebih banyak tapi songthew nya lumayan lama karena ngetem dulu nunggu penumpang penuh. selama perjalanan ke pallio village tanya lagi ke salah satu penumpang yang seisi penumpang songthew kaya nya anak sekolah yang baru pulang sekolah. beruntunglah murid itu ngasih tau tempat dan dimana kita harus berhenti. dari parkchong night market lokasi nya masih jauh sekitar 30 menit. kalo bisa di bayangin sih ini lokasi nya mirip perkampungan nya di thailand tapi versi modern dan gak terlalu banyak kendaraan yang lalu lalang

Jreeengggg si murid thailand yang ngasih tau kalo lokasi nya udah dekat. oke oke thankyou... sampai lah di piazza palio alhamdulillah sampai juga kesini terbayar juga lelah yang sempet mengurungkan niat buat pulang lagi ke bangkok. untuk pengunjung ke piazza palio gak di kenakan biaya alias gratis. Arsitektur gaya bangunan yang mirip little eropa. ternyata tempat ini semacam market gitu banyak penjual acesories t-shirt tapi sayang banyak toko yang tutup mungkin kita datang pada saat weekday dan gak terlalu ramai. kebanyakan pengunjung yang datang cuman buat photo kebetulan juga ada pengunjung lagi photo prewed


cocok nih buat yang mau prewed

Sambil muter muter tadi nya mau nyari sesuatu yang unik buat oleh oleh gitu tapi pas liat harga di setiap stand penjual harga nya lumayan mahal. mengurungkan niat deh buat belanja jadi yah cuman foto foto ala ala turis nyasar aja






Keliling di piazza palio satu jam juga cukup karena bingung juga mau ngapain lagi kalo bukan foto-foto ala turis nyasar. liat pengunjung yang lain juga kebanyakan mereka yang datang ke sini cuman buat dapet spot foto yang bagus.



Puas berkeliling disini dan kita memutuskan untuk segera pulang. ini masalah ada lagi coba, gimana cara pulang ke bangkok ? lokasi di luar piazza palio ini gak ada satu transportasi  yang lewat? tanya security dia ngasih saran buat naik taxi tapi tarif nya yang luar biasa mahal. ada supir taxi yang nganggur lalu tanya lah apa si bapak taxi itu bisa mengantar sampai pakchong night market? jawaban si bapak gak bisa karena lokasi nya terlalu jauh. si bapa ngerasa kasihan liat dua turis cewe yang baru pertama ke thailand sambil melongo kaya orang bego linglung. si bapa nyari ide dan minta tolong supir taxi lain buat ngantar ke pakchong night maret dan hasil nya nihil gak ada satupun yang mau ngantar. hati mulai gak karuan dong. yah nyasar deh, yah gak bisa pulang, ingin menangis. 

Sambil jalan kaki cari arah mau pulang siapa tau ada yang mau ngatar sampai pakchong sampai setiap kendaraan yang lewat kita stop dan gak tau malu, ya daripada gak bisa pulang coba. di sebrang jalan ada warung kecil dan lihat si pemilik warung itu punya kendaraan dan tanpa basa basi gak tau malu minta tolong bisa antar ke pakchong? alhamdulillah si pemilik warung mau nagntar. tentu gak gratis ya gapapa lah ya itung itung naik taxi

Alhamdulillah ada juga yang mau ngantar pulang ke parkchong kebayang kalo gak bisa pulang bisa nangis nangis dijalan. karena hari mulai gelap gak mungkin juga kalo nyari penginepan.

Persis di depan parkchong night market ada transportasi minivan menuju bangkok langsung buru buru beli tiket dan bener aja tiket yang di beli itu jam terakhir menuju bangkok. tiket minivan sudah di pesan sedikit lebih tenang. kebayang kalo luntang lantung gak jelas.

Sampai lupa seharian gak makan karena pengen ngejar ke piazza palio untung nya di pakchong kalo setiap malam ada night market jajanan murah gitu. mampir dulu sebentar buat beli cemilan ngisi energi yang habis terkuras. suasana di pakchong sangat amat beda di banding piazza palio yang sepi dan jarang ada transportasi lalu lalang.

Kembali ke bangkok gak kerasa waktu udah hampi jam 11 malam perjalanan yang lumayan menguras waktu. sampai di bangkok gak ada kendala dan cerita di turunin di tengah jalan karena si supir langsung nuruni tepat di depan BTS mochit. hari yang lumayan melelahkan. sampai di bts mochit menuju bts saphan taksin dan sampai di hotel melanjutkan istirahat sejenak karena esok lanjut perjalan lagi menuju chocolate ville, wat pho wat arun. sekian cerita pengalaman nasib turis kesasar semiga kejadian ini gak akan terulang lagi.

Pengeluaran hari ke 4 (untuk dua orang)

  • BTS saphan takasin - mochit 84bth = 33.600
  • BTS mochit - saphan taksin 84bth = 33.600
  • taxi stasiun mochit 56bth = 22.400
  • Bus bkk - pakchong 660bth = 264.000
  • Ojek pakchong 100bth = 40.000
  • Songthaew pakchong - piazza palllio 60bth= 24.000
  • taxi pakchong 250bth = 100.000
  • Mini van pakchong 420bth = 168.000
  • Makan di night market 120bth = 48.000
Total pengeluaran 1.834bth (733.600)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips sewa motor di pattaya thailand

cara ke chocolate ville thailand

Thailand day 2 (sewa motor di pattaya keliling silver lake, pattaya view point, pattaya night market)