Thailand day 1

Setelah persiapan yang lumayan banyak mulai dari :
• bikin pasport (newbie)
• nyari tiket penerbangan low budget
• nyari penginapan (usahakan kalo buat para backpacker nginap di hostel atau guest house tapi gak usah khawatir di thailand itu hotel yang 100k aja fasilitas nya udah bagus)
• cocokin jadwal yang pas (berhubung pergi bareng teman)
• itenerary (ini wajib banget biar gak banyak waktu yang kebuang)
Rencana pergi ke thailand itu tanggal 27 maret tepat hari senin kalo gak salah. kebetulan pergi dari bandung menuju bandara soetta CGK sekitar jam 02.00 dini hari naik travel city trans pasteur tarif /orang lumayan murah 160.000 dengan fasilitas mini van dan terbilang nyaman. dikarenakan flight pesawat jam 11.00 gak ada salah nya kan berangkat nyubuh biar sampe lebih awal ceritanya takutnya selama perjalanan meuju bandara macet ato ada kendala lainnya jadi mendingan nunggu lama di bandara daripada telat check in. kalo flight internasional biasanya 90 menit sebelum take off udh bisa check in. Dan alhamdulillah nya selama perjalanan menuju bandara itu lancar karena berhubung hari libur sekitar jam 06.00 sudah sampai terminal 2.

Ada sisa waktu 2 jam buat leyeh leyeh karena counter thai lion masih belom di buka akhirnya ngisi perut dulu dan sarapan karena terbiasa riringkid (bawa bekal makan) dan ini sangat amat membantu di banding harus beli makan di bandara lumayan menghemat.
sekitar jam 8 check in dengan antrian yang lumayan panjang saatnya ngantri kembali di bagian imigrasi jagan heran kalo pas di imigrasi petugas nya agak lumayan serem dan sempet takut di tanya macem macem. nunggu lah kita di gate 12 penerbangan CGK-DMK sekitar setengah jam sebelum flight gak ada pemberitahuan yang jelas kalo ternyata gate nya itu pindah di gate 15 emang dasar takut ketinggalan pesawat dan gak mau santai santai sambil nengok sebelah ko gak ada orang yang ngantri di tempat lounge nya dan cuman berdua bareng temen, ini gak salah kan?? apa kita udh ketinggalan pesewat?? bingung kaliii hati ini langsung gak enak hati. alhasil kita lari lari tanya tanya sama petugas di tiap gate dan beneran kan dugaan gate nya di pindahin kan, kenapa gak ada informasi coba?? kenapa gak di kasih tau?? untung aja  ada sisa waktu 10 menit sebelum flight kalo gak nyari tau udh pasti di tinggal dong. dan pas masuk pesawat itu udh banyak banget orang yang duduk di kursi, berarti cuman kita berdua doang yang belom masuk kan? bersyukurlah pesawat belom take off.

Dan sekitar jam 12 pesawat masih belom take off padahal sempet tidur sebelumnya dikira udah take off ehh nyatanya masih di bandara jadi pertanyaan nya selama 1 jam itu ngapain? ohh iya ngerti delay. perjalanan jakarta-thailand kurang lebih 3 jam karena delay 1 jam alhasil sampai di thailand sekitar jam 4. 


hallo thailand



Tiba di bandara donmuaeng thailand jangan kaget kalo antrian imigrasi yang luwarbyasahhh panjang nya sampe semua counter imigrasi penuh. setelah semua urusan imigrasi beres nunjukin arrival card dan cek passport masih muter muter nyari koper, sampe mau claim baggage juga dikiranya koper ilang ehh taunya si koper udah tergeletak berdua untung gak ada yang nyuri kan.



nyari koper senderi ga ketemu

Alhadulillah sampai di bandara langsung nyari counter bell service dan beli sim card seharga 390bth156.000 kenapa beli kartu disana? karena di thailand itu gak ada fasilitas wifi di semua area dan hanya area tertentu aja yang punya fasilitas wifi.





Jangan lupa juga ambil peta pas waktu di bandara. kemudian tujuan hari 1 itu menuju pattaya naik bus A1 tujuan mochit bus station tarif bus 30bth/orang.jangan sampai salah turun karena ada mochit railstation dan mochit bus station. lokasi mochit bus station setelah pemberhentian mochit railstation atau yang biasa di sebut BTS MOCHIT



suasana di dalam bus menuju terminal mochit


karena untuk menuju kota pattaya kita harus naik bus  sampai di station ternyata banyak counter yang menawarkan jasa travel dengan mini van dengan tarif yang lumayan lebih mahal di banding tarif bus. karena posisi kita harus hemat jadi gak ada salah nya kalo nyari transportasi juga yang low budget. tarif bus menuju pattaya 135bth/ orang perjalanan menuju pattaya kurang lebih 3-4 jam karena di perjalanan sudah mulai gelap jadi kita kurang memperhatikan suasana setempat alhasil lebih memilih tidur dengan perut yang mulai keroncongan dan masih ada sisa ayam bekal tadi pagi. ini lucu sih kejadian yang udah biasa kalo pas bareng temen rebutan ayam sampe di kira kaya orang bego kelaparan. yaudahlaya bodo amat gak merhatiin keadaan sekitar karena seisi penumpang bis yang udah pasti hampir semua orang thailand juga gak bakalan paham kita ngomongin apaan.

bus menuju pattaya city


Sampai di pemberhentian bus dan lupa nama stasion nya apaan kita memutuskan untuk nyari angkot kalo di sana biasa nya di sebut songthaew dan nunjukin tempat penginapan hotel nya dan supir nya bilang ini lumayan jauh dari pattaya city hmmmm... waduh gimana ini? apa kita yang salah nyari hotel? tapi supir nya bilang gapapa disini songthaew bisa anter sampe tujuan lokasi. untung bapak supir nya baik banget mau anterin sampe tujuan dan tarif songthaew /orang 50bth. 


perjalanan menuju pattaya


Awalnya takut nyasar gitu tapi ternyata penumpang songthaew lumayan banyak tapi kebanyakan mereka kurang mengerti bahasa inggris dan untunglah ada ibu ibu yang baik hati yang lumayan bisa bahasa inggris sambil di perjalanan menuju hotel si ibu yang ngasih tau arah dan bilang kalo songthaew ini aman. si ibu ibu yang kebetulan jadi tour guide sementara selama di songthaew pas lewatin pattaya night market katanya harus kesini kalo malem malem dan udah jadi ciri khas karena di sepanjang jalan pattaya itu yang padat jadi tempat favorit turis asing karena di sepanjang jalan menjulang itu bar semua. ya pantesan ramai.


naik songthaew

Arrrrrrrgghhhh pengen cepet cepet besok dalam hati gak sabar liat kota nya yang ramai ini sih kalo di bandung tuh kaya suasana jalan braga tapi beda nya ini lebih luas banyak pilihan buat tempat hangeout gitu. banhak cafe mall dan banyak penjual makanan tradisional, souvernir  dan bahkan ada subway ohhmaygat norak nya keluar "pengen nyicip kalo gak salah di indonesia subway belom ada".
Gak lama si ibu turun duluan dan gak lupa bilang terimakasih ibu sampai jumpa lain waktu, untung si ibu yang nunjukin arah hotel ke pak supir kan kalo enggak ya pasti muter muter karena posisi hotel lebih deket pantai. dan akhirnya sampai lah hotel B2 jomtien tiba langsung check in. dannnn jreeengg sumpah asli jujur warbyasa ini hotel nyaman banget parah kamar luas ada balcon kecil gitu yang bisa liat view langsung ke arah pantai, ini worth it banget hotel selain harga nya yang murah cocok banget buat budget travel yang gak mau ngerogoh kocek banyak. sayang gak dapet breakfast dan lokasi dari kota yang agak lumayan jauh. sampai hotel istirahat dan mandi langsung memutuskan cari makanan karena bekal sudah habis dan sempet cari cafe atau warung makan ternyata udah pada tutup. ahh untung bawa persediaan bekal pop mie tapi di kamar gak ada pemanas air alhasil turun lah ke resepsionis minta air panas tapi sayang nya mereka kurang paham bahasa inggris jadi komunikasi pakai google translet tapi ini resepsionis nya ramah dan ada yang ganteng pulakkk kaya oppa minho asli sayang gak minta foto. setelah makan pop mie ampun perut yang masih keroncongan dan nyari 7eleven yang lumayan jauh jarak nya, dan minta bantuan pegawai resepsionis buat sewa motor sebentar saking baiknya kita di bolehin pake motornya kan buat nyari makanan ehhh dan ternyata bener lokasi 7eleven yang lumayan jauh dan suasana nya udah mulai sepi yaiyalah udah jam 11 malem gilaaak. berasa di korea gak sih kalo jajan di 7eleven tuh..? apa ya cari jajanan yang aneh akhirnya beli sate ikan atau biasa orang thailand bilang bento yang rasa nya pedes alot gitu agak aneh sih gak lupa pencarian pertama ya nasi apalah itu kalo orang indonesia kan gak bisa hidup tanpa nasi. setelah jajan aneh di 7eleven kembali ke hotel dan niat nya buat istirahat tapi berhubung kalo udah kumpul bareng temen yang tadinya ngobrol 1 jam jadi lanjut sampe subuh. sampe gak kerasa dan lupa istirahat.
Itulah sepenggal cerita di hari 1 liburan traveling di thailand. next hari ke 2 di post berikutnya.
semua rincian pengeluaran termasuk untuk dua orang karena uang khusus traveling ini sengaja kita satuin dan biar gak ribet sih intinya jadi fair gak pake acara pake uang gue dulu atau pakai uang lo dulu. dan metode ini boleh kalian coba

pengeluaran hari 1 untuk 2 orang (1bth = 400perak)

  • sim card Dtac    780bth = 312.000
  • Bus A1                 60bth = 24000
  • Bus pattaya       270bth = 108.000
  • Songthaew        100bth = 40.000
  • makan /jajan 7eleven  125bth  = 50.000
  • Total                1.335bth = 534.000
selamat membaca dan berbagi pengalaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips sewa motor di pattaya thailand

cara ke chocolate ville thailand

Thailand day 2 (sewa motor di pattaya keliling silver lake, pattaya view point, pattaya night market)