KOPER YANG TERSESAT

Selama perjalanan liburan kemaren ke thailand banyak banget cerita seru di setiap harinya tapi ternyata dibalik cerita seru selama di thailand ada segelintir cerita yang kurang mengenakan.
Setelah 8 hari berkeliling thailand have fun pergi kesana kemari pergi dari nyubuh sampe pulang hostel udah gelap berasa banget traveling nya. Nah tiba lah hari dimana aku harus pulang ke tanah air tercinta its so hard to say goodbye..

Pergi nyubuh dari hostel karena takut ketinggalan pesawat da kebetulan flight pesawat jam 12 tapi entah mengapa pada saat itu rasa nya gak pengen pulang resah kaya di tembak sama cowo yang kita suka *lebay* setelah check out langsung lah bergegas menuju BTS railstation saphan taksin sekitar jam 7 pagi karena lokasi yang cukup dekat dari tempat hostel menginap. Tapi ampun makk gotong gotong koper yang berat banget yang entah itu isi nya apaan so soan bawa oleh-oleh yang murah meriah se gombreng.


Kebetulan aku pulang pas hari senin dan jreeng jreeng di stasiun udah mulai sibuk dan BTS selalu penuh setiap pemberhentian. Dalam hati semoga gak telat gak telat ahhh bodo amat nyerobot  sifat orang indonesia nya keluar yang malas antri panjang *takut ketinggalan pesawat*
Lalu naik lah BTS dari saphan taksin berhenti di MOCHIT kurang lebih 20 menit perjalanan setelah sampai di MOCHIT station penuh banget antrean orang orang karena mungkin hari senin dan pas waktu jam sibuk. Dari MOCHIT galau antara harus naik taksi atau BIS hah dipikir sayang uang *udah tinggal koin padahalmah* akhir nya aku memutuskan buat naik BIS A1 langsung menuju Donmueang international airport. kurang lebih perjalanan dari mochit ke bandara 45 menit untunglah gak terlalu macet.

Nyampelah di bandara langsung Bergegas check in di counter Malindo Air dan ternyata masih ada jeda waktu buat leyeh-leyeh. si perut sexy udah manggil manggil minta di isiin beras pulen langsunglah nyari warung nasi padang *yagakadalah. tapi untungnya selalu ada si penyelamat warung favorit di thailand yaitu 7eleven langsung lah ngeborong jajanan dan isi perut takut masuk angin *indonesiabanget* mumpung masih ada receh sayang kalo gak di abisin *kayabanyakuangaja* padahal kerok kerokin isi dompet sampe mbrudul. Di beli lah si nasi goreng kemasan yang tinggal di panasin itu *alfamartudahadablomya? dan beli Roti coklat yang enak banget lumer sampe masih terasa banget enak nya sampe sekarang enak asli enaaak parah *sayangcumabelisatu


Ternyata sampe bandara masih jam 10 masih ada waktu 2 jam lagi buat leyeh leyeh ahh daripada bosan langsung masuk lah nunggu di waiting room nya Malindo Air di gate 12. udah kerasa banget ngantuknya efek minum antimo 2 tablet *untunggakpingsan* akhirnya tibalah keberangkatan Bangkok - Bali sekitar jam 12 sudah masuk pesawat karena saking ngantuknya pas duduk di pesawat 5 menit kemudian langsung teler Sekitar jam 1 tiba tiba kebangun. Dalam hati Lah ini udah sampai kali ya ehhh ternyata masih jam 1 dan pesawat masih betah di thailand belom Take off ampun delay 1 jam. ini efek belom bisa move on kali ya.

Flight kali ini aku menuju Bali dan harus transit di Kuala lumpur International Airport sekitar 1 jam kurang lebih perjalanan menuju Malaysia 3 jam. setelah sampai di KUL airport langsung lah ke tempat transfer dan baru pertama kali ke KUL bandara nya Luas dan sempet lari lari karena takut ketinggalan Flight. Nah mulai lah punya firasat buruk mulai dari salah tempat check in mondar mandir salah ruangan terus dan untung gate KUL-DPS masih belom di buka jadi masih aman dan sempet tanya ke petugas kalo pas kita transit gak usah claim baggage lagi *just pick up in bali* kata nya gitu. udah lah rada tenang tapi agak takut di koper kan isinya baju semua ditambah ada sedikit oleh oleh dalem koper tuh. satu jam nunggu akhir nya gate DPS di buka sambil ngantri imigrasi aku dan temen aku sambil menggrutu kecil *ehhh koper pasti aman kan?* aman lah insya allah. sambil percaya diri. Setelah masuk pesawat sambil liat pemandangan di KUL sayang isi nya pesawat doang *yaiyalah di bandara* sambil liatin petugas masukin koper koper yang setumpuk tumpuk. Ehhh liat koper punya sendiri tapiiiiiii nah loh koper aku doang ko yang gak di masukin???? ada apaan ini lah gimana ini? langsung resah keringet dingin gimana dooong? pintu pesawat udah di tutup kebetulan aku langsung lari ke depan dengan rusuh sampe seisi penumpang pesawat ngeliatin karena aku udah mulai panik langsunglah aku nyamperin pramugari dan bilang kenapa koper saya gak di masukin? ko malah di bawa sama petugasnya? pramugari langsung bang tenang nanti bisa di alihkan ke penerbangan berikutnya pasti gak akan kenapa kenapa. Yaudah lah dalam hati udah mulai rada tenang tapi masih aja dalam hati menggrutu *gimana kalo ilang??

Akhirnya balik lagi lah ke tempat duduk dan seisi penumpang pesawat ngeliatin *kepo mungkin* dan orang yang duduk di sebelah kebetulan orang china tanya lah dengan bahasa inggris logat china pas pasan aku dan temen duduk terpisah dan dia tanya kenapa? ada apa? sudah tenang pasti ada ko kopernya *mulai rada tenang. untunglah selama perjalanan dia yang selalu ngajakin ngobrol dan bego nya lagi aku malah nanya dia mau kemana? yaudah tau satu pesawat yaudah pasti ke bali *efekresah 

Sampai juga di bali sekitar jam 9 malam setelah perjalanan tiga jam dari KUL seperti biasa antri di Imigrasi tapi alhamdulillah nya lagi antrian nya gak terlalu panjang. Mulai lah hati gemeter lagi langsung bergegas ke tempat pengambilan koper. udah mulai resah dalam hati jangan ilang jangan ilang sambil mikir positive lah koper punya temen udah ada ini mana ko blom ada sih sampe 20 menit nunggu dan gak ada udah langsung lemes kaki takut di omel mamah kalo koper ilang. Tuh kan kalo udah gini siapa yang mau tanggung jawab?? lagian kenapa petugas yang di bandara itu koper aku gak di masukin kan udah jelas ada barcode nya?? terus aja ngoceh sendiri di tambah pas di bagian lost and found itu petugas dari Malindo Air nya gak ada waduuuuh panik lah sambil nyari nyari petugas Malindo Air


Ketemu lah sama mas Yuda langsung saya ceritakan kejadiannya koper saya hilang mas ini gimana? Malindo air harus tanggung jawab. si petugasnya juga mulai tegang karena takut nya memang koper itu ilang. si mas yuda itu bilang mohon bersabar mbak harus positiv dulu aja karena udah jadi tanggung jawab si mas yuda kalo misalkan ada kehilangan koper. untung nya mas yuda sangat amat membantu buat nenangin aku yang udah resaaah tiada tara. Mbak mungkin koper nya di pindah di penerbangan selanjutnya dan nunggu lah satu jam kurang lebih ternyata si koper masih belom hadir. udahlah ini mah ilang *sedih*.

Gak lama kemudian si mas yuda nyuruh duduk di ruang tunggu nulis lah form kehilangan koper dan ternyata yang koper nya hilang itu bukan cuman aku doang kalo di hitung ada sekitar 7 orang yang ngalamin hal yang sama dalam hati yaudah lah masih ada temen nya ini seumpama mau nuntut pihak mas kapai ada saksi yang lain. Setelah ngisi form kehilangan mas yuda yang terus follow up pihak malaysia dan nanti di tunggu kabar selanjutnya. Akhirnya pergilah ninggalin bandara langsung menuju tempat kos kosan temen yang lumayan jarak nya agak jauh dari bandara dengan tangan kosong gak bawa tentengan koper. satu hari dari kepulangan aku langsung nyari kabar lagi dan mas yuda masih belum ngasih kabar yang lebih jelas dan udah kepikiran mau laporin ke pihak kepolisian tapi mas yuda nyaranin jangan ngambil langkah ke kepolisian rada kasian juga soal nya takut dia yang di salahin. Mulai kebingungan karena gak ada baju ganti sama sekali semua barang ada di koper trus haru gimana ini?? Langsung lah ngehubungin pihak malindo air via telepon malah gak ada hasil yang ada tekor pulsa abis 50 ribu cuman 5 menit dan gak ada tindak lanjut dan tanggung jawab dari pihak mas kapai. sedihhh banget langsung drop garagara koper *lebaygaksih. lalu empat hari kemudian kalo gak salah hari jumat mas yuda pagi pagi ngasih kabar via whatsapp ngirim photo yang keliatan nya koper milik aku wahhhh langsung dag dig dug kan ini bener bukan ya dalam hati masih kebayang kalo ilang memang gak seberapa harga koper nya dan isi isinya tapi kalo pulang dengan tangan hampa pasti mamah ngomel ngomel pas pulang. karena kejadian koper ilang terpaksa harus tunda jadwal pulang ke bandung niat di bali tadi nya 3 hari jadi 10 hari tapi gak apa apa ternyata ada hikmahnya. setelah dapet kabar dari mas yuda langsunglah malem malem sekitar jam 8 dengan hati senang sekaligus rada takut kalo misalkan itu bukan koper punya aku.


Sampe lah di bandara langsung nyari mas yuda dengan sembringahh liat si koper alhamdulillah itu koper punya ku akhir nya kau kembali setelah empat hari menghilang. Alhamdulillah terimakasih juga mas yuda yang selalu di buat repot. Sambil liat koper yang udah kotor penyok di banting banting pasti tapi akhirnya kau telah kembali. Itulah sepenggal cerita kehilangan koper lebih tepat nya koper yang tersesat. buat teman teman yang ngalamin hal yang sama sebaiknya kalo kalian mau bepergian jauh menggunakan pesawat banyak hal hal yang harus di perhatikan seperti :

√ Name tag (buat di gantung di koper)
√ Foto jenis koper (biar gak ketuker atau kemungkinan terjadi hal hak yang tidak di inginkan)
√ Barcode yang nempel di koper (apabila sudah melakukan perjalanan sebelumnya) lebih baik di copot biar petugas bandara gak kebingungan dan gak salah masukin koper ke pesawat yang lain 
√ check in tepat pada waktu nya (hadir 90 menit sebelum keberangkatan)
√ Pasang alat pendeteksi 
√ Jangan menyimpan barang berharga
√ Kalo ngerasi koper kita ilang langsung ke tempat lost & found sesuai penerbangan dan ikuti prosedur nya
√ Harus terus follow up bagian maskapai dan minta lah pertanggung jawaban (apabila koper benar-benar sudah hilang dalam waktu lebih dari 14 hari masa pencarian)

koper yang tersesat
Semoga bermanfaat yaaa....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips sewa motor di pattaya thailand

cara ke chocolate ville thailand

Thailand day 2 (sewa motor di pattaya keliling silver lake, pattaya view point, pattaya night market)