Satu bulan belajar bahasa inggris di kampung inggris pare kediri, emang bisa??

Belajar Bahasa inggris di pare kediri DIJAMIN SERU.....!!!
Yappp... kali ini aku bakalan share pengalaman bagaimana aku belajar bahasa inggris di kampung inggris pare kediri (jawa timur). Pertama denger kalo tentang kampung inggris langsung bersemangat banget soal nya kemampuan bahasa inggris aku yang jebol banget dan gak pernah ngerti kalo belajar bahasa inggris dari waktu sd sampe kuliah (guru nya killer). Selain karena kebutuhan pribadi ternyata banyak juga peminat yang mau belajar bahasa inggris dari berbagai berbagai daerah yang cuman pengen belajar bahasa inggris ke pare. Selain nambah pengalaman, memperbanyak temen dan kalian juga bakalan banyak ketemu orang" baru yang berbeda - beda suku daerah poko nya seru....!!

Its time for my new experience
Sebelum keberangkatan ke Pare aku udah memesan tiket kereta dari jauh-jauh hari niat nya pengen dapet tiket murah, yaaahh apalah dikira pesawat. waktu itu aku naik kereta api malabar bisnis via stasiun Bandung dengan harga 210.000 (expensive) karena pertama kali naik kereta yang jarak nya lumayan jauh dan lama sekitar 12 jam di kereta (pant** panas). Nah dikira kereta bisnis itu duduk nya nyaman tapi ternyata satu baris tempat duduk itu buat 3 orang kebayang kan satu kursi buat 3 orang udah gitu duduk nya hadep-hadepan sama penumpang lain dan jarak antara kaki-kaki penumpang tuh ya gak luas (sempitt beuuddh). Mau tidur juga gak nyaman, ya intinya ini salah beli tiket dan kemahalan ternyata masih ada yang lebih murah kalo mau naik kereta cuman 80.000 via stasiun kiara condong Bandung.

Tepat jam 19.00 kereta berangkat..... Bismillah selama di perjalanan jangan lupa makan dulu karena selain bakalan ngabisin waktu yang lama selama di kereta kalian pasti bakalan bosen kalo cuman ngeliat penumpang kereta ato liat - liat ke Luar jendela karena gak bakalan keliatan apa" karena pergi nya malem". Siapin juga obat antimo atau tolak angin (si obat ampuh) buat jaga-jaga karena perjalanan kereta di malam hari. Kaos kaki jangan lupa di bawa karena semakin malam udara dingin di dalam kereta semakin terasa. Nah pas perjalanan di kereta ketemu teman baru juga dia mau ke pare juga yahhh baru naik kereta aja udah dapet temen baru kan nah setelah itu aku ngobrol-ngobrol banyak dan dia ternyata mahasiswa smester akhir unpad. Oooya aku berangkat ke pare berdua bareng classmate aku fitri. selama perjalanan di kereta gak henti-hentinya liat jam, perasaan ko ini gak sampe-sampe yaiyalah perjalanan nya 12 jam. Sekitar jam 8 pagi akhir nya stasiun kediri sudah di depan mata. 

Alhamdulillah sudah sampe kediri dan akhirnya aku berpisah dengan teman baru karena dia udah di jemput duluan dan gak lama kemudian aku di telepon sama orang dari course nya buat jemput di stasiun gak lama kemudian setelah keluar dari stasiun ada banyak bapa-bapa yang nunggu muatan sambil bilang ke mana mbak? Ke pare ya? Ayo bapak antar, langsung aku bilang enggak pak saya lagi nunggu jemputan. Nah buat yang pertama ke pare via stasiun kediri kalian gak usah cari transportasi lain karena banyak bapa-bapa ojek di stasiun yang pasti udah tau dan udah ngerti banget pasti tujuan kita mau ke kampung inggris pare. Sambil nunggu jemputan di luar stasiun gak lama akhirnya aku di jemput juga, nahloh cuman bingung nya di jemput nya itu pake motor sedangkan aku bawa koper yang segede ambruk, kasian juga si mr yang jemput nya. Lokasi penjemputan dari stasiun kediri ke pare termyata jauh loh sekitar 30 menit kalo pake motor itupun ngebut ala rosi kalo pake mobil? Yahh paling 1jam. Akhirnya Sekitar jam 9 sampe di kampung inggris pare, welcome to the paredise

Setelah sampe di pare agak bingung juga sih ternyata gak sesuai dugaan kirain kampung inggris itu bener-bener nuansa pedesaan yang gak ada transportasi gak ada kendaraan lalu lalang, tapi ternyata kampung inggris sudah maju pesat ya sama aja kaya perkotaan yang membedakan itu cara belajarnya yang fun, friendly, santai, yang sesekali kita bakalan belajar di tepi sawah, belajar di tempat-tpat teduh yang bayak rindang pepohonan ini seruloohh.. nah pas sampe aku langsung ke tempat course yang aku pilih yaitu.... jrengjreng UE (universal english) sembari daftar aku ngambil program reding, speaking, vocab, writing yang emang sesuai kebutuhan aku. Dan aku ambil program yang 1bulan kalo gak salah 1.500.000 ini udah termasuk sama asrama (tempat tinggal selama kita belajar di pare). Kalo gak salah selama kita belajar di pare pasti kita sudah di sediakan asrama. 

Gak lama kemudian aku di antar ke asrama permpuan yang letak nya gak terlalu jauh dari tempat course nya. Pas sampe asrama sih lumayan tempat nya enak gak bising langsung pas ada kamar kosong langsung aku tempatin berdua sama temen aku, kamarnya lumayan luas udah ada dua kasur dua lemari satu kamar itu buat berdua.Niat nya mau beres-beres kamar tapi apadaya karena udah cape walaupun di kereta cuman duduk-duduk doang. Ngeliat kasur dikit yang udah minta di tempatin akhirnya istirahat dulu sebentar karena mata udah minta istirahat lagi aja sambil tiduran sambil ngebayangin buat hari besok yang udah mulai program belajar, lumayan ada waktu dikit buat istrirahat karena kebetulan aku sampe itu hari minggu, ya kalo di Pare itu kaya sekolah biasa ada libur nya juga setiap hari sabtu dan minggu. Sore-sore hari pertama di pare sambil nyari makan sambil sewa sepeda juga, ternyata kalo di pare itu banyak banget jasa penyewaan sepeda selain mudah buat pergi-pergi juga kalian bisa nge explore sepanjang kampung inggris pake sepeda. Karena kampung inggris itu luas banget taoi seru kalian bisa sepedaan ramai-ramai kalo di pare. Nah waktu itu aku sewa sepeda sekitar 30.000 buat satu bulan dan uniknya di pare itu semua pedagang aja pada ngomong bahasa inggris. Nah lohhh gimana ini malu deh sama kemamouan bahasa inggris yang minus banget, tapi gapapa kan udah ke pare, mau belajar, ya pasti bisa, pasti ada ilmu yang nempel. Setelah keliling-keliling cari makan sore-sore sambil sepedaan akhirnya kembali ke asrama sambil rapiin kamar. 

Di asrama udah terlihat ramai-ramai gitu yahhh senior mungkin, gak sempet berkenalan soalnya muka-muka mereka agak judesss ya. Tapi cuman ada satu orang yang mau nyapa orang nya cantik agak bule-bule gitu aku kira dia yang ngajar nya ehh ternyata bukan. Sekitar jam 7malam semua penghuni asrama harus ngumpul dan sangat di wajibkan nightclass kalo enggak kalian bakalan di hukum..!! What hukum? Tenang aja ini bukan hukuman di jewer, di suruh lari di lapangan, cuman hukuman nya di suruh bayar iuran (patungan) kalo sewaktu" mau ngadain acara farewell party. Nah pas di suruh kumpul itu karena ada banyak murid yang baru termasuk aku yang di suruh memperkenalkan diri kedepan, yaiiissss malu, gimana dong takut bahasa inggris nya salah, takut di ketawain, takut malu-maluin udah gede gak bisa bahas inggris. Tapi yasudah lah sebisa nya aja dengan tekad yang kuat akhirnya ke depan mperkenalkan diri bla bla bla. Degdegan sih tapi yah namanya juga proses belajar. 

That's way i have to learn english and every proses is not easy but every prosses you can find a new things you never find before. It's time for morning expresion atau yang lebih sering di sebut kelas pagi yang biasa di mulai dari jam 5subuh sampe jam 6/7 pagi. Nah sekitar jam 4.30 kamar sudah di ketok-ketok mrs morning class wake up... wake up... dan aku baru tau ada program sepagi ini akhirnya bangun dan kita di wajibkan sholat subuh terlebih dahulu sebelum mengikuti morning class. Dan peraturan selama kita berada di asrama harus mengikuti semua program-program kelas dan peraturan yang ada nah setiah hari itu mulai dari senin-jumat kelas khusus dimana kita harus berbicara bahasa inggris dan kalopun kalian gak ngerti gimana cara ngucapin nya kalian bisa tanya langsung atau dengan ucapan kaya gini contoh (kalian gak ngerti kalo mau mengartikan suatu benda, kalian tinggal bilang:  how to say "cermin" kalo misal kalian gak tau bahasa inggris nya "mirror") nah ini adalah cara bagaimana kita belajar komunikasi non verbal setidaknya kita mau berusaha walaupun pertamanya kita hanya menebak-nebak just gessing. Program morning class itu dimana kita harus menghafal setiap morning expression biasa nya program ini selalu ada setiap hari setelah kita melaksanakan program pagi kita di perbolehkan untuk bersiap-siap seperti mandi atau beres-beres kamar karena setiap hari itu kita belajar diciplin semua sudah punya tanggung jawab masing-masing dan aku sudah mendapatkan jadwal buat piket. 

Tiba saatnya masuk ke kelas vocab, speaking, writing, lagi dan lagi aku di suruh memperkenalkan diri pake bahasa inggris yahh nama nya juga belajar bahasa inggris masa perkenalan pake bahasa sunda. Nah setiap hari program yang aku jalanai selama di kampung inggris ya kaya gini dengan program pembelajaran yang fun gak ngebosenin sekaligus punya banyak temen dari berbagai daerah. Biasa nya sehari iti kita belajar dari jam 8 sampe jam 5 sore tapi ini nyenengin gak ngebosenin ko. 

Apa yang kalian belajar bahasa inggris di sekolah kalian gak bakalan dapet selama belajar bahasa inggris di Pare. Terus kalo kalian udah beres program kalian punya waktu buat istirahat buat sekedar makan mandi dan sholat, nah setelah sholat magrib qaktu nya night class dimana kalo setiap program malem itu kalian bisa sharin atau ngebehas suatu hal kaya misalkan berita yang lagi happening nah itu bisa di jadiin tema buat debat. Yaaaa debat nya pake bahasa inggris selain ada debat biasa nya ada games juga, aku lebih seneng kalo lrogram malam itu di isinya games karena selain kalian bisa mengenal teman-teman baru kalian. Kita juga bisa saling kompak. Nah selain program malam ada juga program yasin ini biasa nya di laksanakan setiap hari kamis malam kita bakalan baca yasin bersama-sama. Yang aku seneng dari program di oare ini dimana kita saling mengingatkan satu sama lain untuk lebih dekat sama sang pencipta, berdoa bersama, makan bersama, rasa nya itu kaya nemuin keluarga baru yang saling ngingetin satu sama lain.

Tak kenal maka tak sayang. Ini pribahasa yang ngingetin aku kalo kita ingin punya banyak teman ya kita harus berbaur, share pengalaman-pengalaman kalian. Dan i'm so proud of my teacher, dan mereka-mereka yang mengajar bahasa inggris itu umur nya masih muda-muda di bawah aku banget, whaaatt?? I'm so really proud of them lah aku ink baru mau belajar bahasa inggris sunguh-sunguh pas udah umur segini, yaaa tak apalah gak ada kata terlambat selagi kalian punya niat yang keras dan mau belajar. Dan bahasa inggris mereka tuh yang juara banget. Selama seminggu di asrama ya setidak nya udah ada kemajuan yang gak cuman ngerti yes sama no doang seenggak nya nya belajar banyak vocab and just practice practice practice itu kalo kata mr.well.

Ohhh ya ini cerita si pengajar pengajar bahasa inggris yang warbiasa mr.well yang dulu punya cerita kelam yang dulunya kuli di pasar angkut" barang dan suka di tertawakan di pandang sebelah mata karena pekerjaan nya?  karena tekad nya yang bulat ingin jadi pengajar bahasa inggris dia belajar yang kata orang sekitar ngapain belajar bahasa inggris gak ada manfaatnya. kata-kata itu yang jadiin motifasi buat dia buat terus maju dan samoe suatu hari dia bisa membuktiin kalo ternyata dengan bahasa inggris bisa membuat nya sukses. Mr i'm so proud of you, selain mr well ada mr alex, mr syam mrs vika, mrs chan dan masih banyak lagi. Ini sepenggal cerita aku selama belajar bahasa inggris di pare dengan banyak pengalaman yang belum pernah aku dapat. Thank god you gave me a chance to meet a lot of people and the best experience i nevet get

note : jangan lupa kalo kalian udah belajar bahasa inggris di pare jangan lupa mampir ke toko-tko buku yang ada di pare buat oleh-oleh atau buat sekedar baca-baca ketika kalian pulang. it is wort ith loohh. dan jangan lupa buat terus belajar, just practice, practice, practice is the key to learn english and have a find new journey and experience in kampung inggris parekediri.

 ini foto waktu belajar di bawah pohon-pohon rindang yang adem
 belajarnya deket sawah gak ngebosenin
 kelas reguler
 kelas reguler sayang gak komplit
 ketemu anak psikologi gundar yang ketche
anak psikologi gundar nih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips sewa motor di pattaya thailand

cara ke chocolate ville thailand

Thailand day 2 (sewa motor di pattaya keliling silver lake, pattaya view point, pattaya night market)